Informasi: Ida Sri , Yanti , Yuna

Pustaka Artikel Umroh dan Yang Terkait Khusus Untuk Anda.

Alsha Umroh
Umrah Hemat Barokah di Travel Resmi Ust. Ahmad Al-Habsyi
(Mulai Rp. 18 jutaan)
Pusat Informasi:
0815-1993-4909
0821-1258-2225
0812-1215-9197
0877-8408-8185
0853-5222-1535
Kantor Pusat:
021-8778-7274
BBM:
D492 7A13
5FA0 2295
7C49 2A20
758E 9C64
Travel Ustadz Al-Habsyi
Yuk Daftar Umrah Super Hemat. Langsung Berangkat, Tidak Perlu Tunggu Tahunan!!! Keberangkatan Setiap Bulan-bulan Umrah.
Travel Umroh Hemat Barokah (Rp. 18 jutaan) Resmi Ust. Ahmad Al-Habsyi
Hubungi: 0815-1993-4909 / 0821-1258-2225 / 0812-1215-9197 / 0877-8408-8185 /
0853-5222-1535

Selasa, 21 Februari 2017

Umroh Lailatul Qodar 2017, Malam 1000 Bulan!



Paket Umroh Lailatul Qadar 1438 H/ 2017 ~ Bulan Ramadhan merupakan waktu yang terbaik untuk melaksanakan ibadah umroh. Sebab beribadah umroh di Bulan Ramadhan pahalnya seperti melaksanakan ibadah haji. Sebagaimana disebutkan dalam hadist di bawah ini:

Dari Ibnu Abbas ra, Nabi SAW bersabda  yang artinya, "Umrah di bulan Ramadhan pahalanya seperti ibadah haji". (HR. Bukhori dan Muslim).

Selain itu di dalam bulan Ramadhan juga terdapat malam Lailatul Qodar, yakni malam yang lebih baik dari seribu bulan.

Mengapa malam Lailatul Qadar adalah malam yang lebih baik dari seribu bulan?

Karena barangsiapa yang beribadah di malam Lailatul Qodar, maka pahalnya akan dilipatgandakan lebih dari 29.500 kali lipat.

Berikut ini adalah keistimewaan malam Lailatul Qadar:

Keistimewaan Lailatul Qadar

Allah SWT menyebutkan dalam firman-Nya “Sesungguhnya kami telah menurunkan Al Qur'an di hari Lailatul Qadr dan kelebihan Malam Lailatul Qadr itu lebih baik dari pada seribu bulan. Pada malam itu diturunkan para malaikat dan malaikat jibril dengan ijin Allah SWT membawa segala urusan.” (Surat Al Qadr, ayat 1-5).

Menurut para ulama, malam lailatul Qadr memiliki beberapa keutamaan yaitu turunnya keberkahan dan kebaikan kepada umat Islam yang melakukan kebaikan pada malam tersebut.

Selain itu, berdasarkan Al Qur’an Surat Ad Dukhon ayat 4 yang menjelaskan “ Pada malam itu akan dijelaskan segala macam urusan yang penuh hikmah”. Para ulama menafsirkan bahwa pada Lailatul Qodar para malaikat turun ke bumi untuk melaksanakan tugasnya yakni menuliskan takdir manusia selama satu tahun.

Maka dengan amalan ibadah terbaik yang kita lakukan pada bulan Ramadhan, salah satunya adalah menunaikan ibadah umroh. Semoga kita mendapatkan takdir yang terbaik yakni kehidupan, usia, dan rejeki yang berkah.


Beberapa Keutamaan Lailatul Qadar antara lain :


1. Al Qur’an diturunkan pada Lailatul Qadar.
Al Qur’an diturunkan ke bumi pada tanggal 17 Ramadhan yang bersamaan dengan Lailatul Qadar, sehingga pada tanggal tersebut umat Islam memperingatinya sebagai Nuzulul Qur’an.  

Sehingga salah satu amalan utama yang tidak boleh dilewatkan oleh umat Islam pada bulan Ramadhan terutama pada 10 hari terakhir adalah  membaca atau bertadarus Al Qur’an. Dapat mengkhatamkan Al Qur'an lebih dari sekali dalam satu bulan Ramadhan adalah amalan yang sangat baik.

2. Lailatul Qadar adalah lebih baik daripada 1000 bulan
Allah SWT berfirman dalam surat Al Qadar ayat 3, yaitu:

“Lailatul Qadar itu lebih utama dari seribu bulan”.

Maksud ayat di atas adalah sholat dan amalan ibadah yang kita lakukan pada malam Lailatul Qadar lebih utama daripada sholat dan ibadah yang dilakukan pada 1000 bulan yang tidak terdapat Lailatul Qadar.

Karena itu umat Islam pasti akan memperbanyak amalan ibadah apalagi bila ditambah dengan umroh pada malam Lailatul Qadar, maka pahala yang didapatkannya akan berlipat ganda.

3. Lailatul Qadar adalah malam penuh keberkahan
Ketika malam Lailatul Qadar malaikat-malaikat akan turun ke bumi dimana pendapat ulama mengatakan bahwa ini berarti turunnya keberkahan dan kemudahan urusan bagi umat manusia.

Surat Al Qadar ayat 5 menyatakan “Malam itu (Lailatul Qadar) penuh kesejahteraan sampai terbit fajar.

Karena itu perbanyaklah melakukan qiyamul lail dan berdoa kepada Allah SWT pada 10 malam terakhir yang diyakini sebagai Lailatul Qadar.

4. Allah SWT akan mengampuni dosa orang yang menghidupkan Lailatul Qadar
Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah Rasulullah SAW, beliau bersabda, “Barangsiapa melaksanakan sholat di malam Lailatul Qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah SWT, maka dosa-dosanya akan diampuni”. (HR. Bukhori).


Tanda Datangnya Lailatul Qodar


Allah SWT merahasiakan kapan tepatnya Malam Lailatul Qodar itu, namun beberapa hadist menunjukkan beberapa tanda bahwa malam Lailatul Qadar telah tiba.

Menurut hadist Nabi Muhammad SAW, tanda-tanda datangnya malam Lailatul Qadar adalah malam yang cerah, tidak dingin dan tidak pula panas. Matahari tersebut bersinar kemerahan lemah. (HR. Ibnu Khuzaimah).

Sedangkan menurut hadist yang lain, Rasulullah SAW menyebutkan bahwa Lailatul Qadar berada di sepuluh malam terakhir puasa Ramadhan. Malam tersebut cerah, tidaklah keluar setan hingga terbitnya fajar matahari (HR. Ibnu Hibban).

Meski kapan datangnya malam Lailatul Qadar masih menjadi pertanyaan, namun banyak hadist yang menyatakan keutamaannya yang terjadi pada sepuluh hari terahir bulan Ramadhan.

Salah satu hadist menyatakan bahwa malam Lailatul Qadar terjadi pada malam ke-27 bulan Ramadhan. Namun hendaknya umat Islam tidak menjadikan hal tersebut sebagai perdebatan semata namun tetap beribadah dengan khusyuk mulai awal Ramadhan hingga akhir bulan.


Amalan Lailatul Qodar


Rasulullah SAW memberikan teladan amalan-amalan yang dilakukan pada malam Lailatul Qodar, yakni :

1. Setelah melaksanakan ibadah umroh, kita dapat berdiam diri atau beri'tikaf di dalam Masjidil Haram
atau pada saat masih di Masjid Nabawi. Memperbanyak bacaan dzikir dan ayat-ayat Al Qur’an. Diantara surat Al Qur'an yang dapat Anda baca adalah ayat kursi, akhir surat al-Baqarah, surat al-Zalzalah, al-Kafirun, surat al-Ikhlash, dan surat Yasin. Sebab semua ayat dan surat tersebut memiliki fadhilah atau keutamaan yang besar (namun  bukan berarti Anda tidak boleh membaca surat-surat Al Qur’an yang lain).

2. Memperbanyak membaca istighfar, tasbih, tahmid, tahlil, dan shalawat kepada Nabi SAW. Juga berdoa untuk diri sendiri dan orang lain (seperti kerabat atau teman baik yang masih hidup atau bahkan yang sudah meninggal dunia). Doa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW agar dibaca pada malam Lailatul Qodar adalah :

Dari Aisyah Radhiallahu 'anha, beliau bertanya kepada Nabi SAW:

“Wahai Rasulullah, jika aku menjumpai satu malam merupakan Lailatul Qadar, apa yang harus aku ucapkan di malam itu? Beliau menjawab: Ucapkanlah: ALLAHUMMA INNAKA ‘AFUWWUN TUHIBBUL ‘AFWA FA’FU ‘ANNII  (Ya Allah, sesungguhnya Engkau Dzat Yang Maha Pemaaf dan Pemurah maka maafkanlah diriku).” (HR. Ahmad, At-Turmudzi, Ibn Majah dan An-Nasai)

3. Sebagian ulama menyebutkan: “Barang siapa shalat pada malam Lailatul Qadar shalat sunat empat rakaat, setelah Al-Fatihah membaca surat At-Takatsur dan surat Al-Ikhlash 3 kali maka akan dimudahkan baginya sakratul maut, dan dihilangkan azab kubur, dan diberikan empat tiang dari nur yang masing-masing di atasnya ada seribu malaikat.” (Syeikh Daud al-Fathany, Jam`ul Fawaid hal 114).

Sehingga salah satu amalan terbaik pada malam Lailatul Qadr adalah melakukan sholat sunnah baik tahajud, sholat hajat atau sholat tasbih.

Kami menyediakan Paket Umroh Lailatul Qodar 2017 bagi Anda yang ingin mendapatkan pahala umroh di bulan Ramadhan (yang setara haji), kemuliaan malam Lailatul Qadar, sekaligus merasakan suasana religi yang berbeda saat di Tanah Suci, dimana orang-orang berlomba-lomba melakukan banyak amalan ibadah maupun amalan lainnya untuk mendapatkan pahala yang berlipat ganda.

Semoga kita mendapatkan keutamaan malam Lailatul Qadr dan pahala ibadah Umrah Ramadhan 2017 sehingga ketika kembali ke tanah air, kita akan menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Aamiin Yaa Rabbal 'aalamiin.



Afiliasi Profesional Travel Umrah Alsha Tours Indonesia



Saudi Airlines Emirates Etihad Garuda Indonesia

Turkish Airlines Abacus IATA ASITA

Kementrian Agama Republik Indonesia
Back To Top